Kamis, 23 September 2010

Manfaat Dari Ekstrakurikuler + Eksposisi Perbandingan

Akhir-akhir ini mungkin bisa dibilang hampir setiap sekolah di kota-kota besar di indonesia mengadakan kegiatan ekstrakulrikuler, tidak hanya di kota-kota besar saja, di kota-kota kecil di Indonesia pun sudah diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.kegiatan ekstrakurikuler/ekskul bisa berupa kegiatan seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan akademik.Ekstrakurikuler biasanya diadakan oleh pihak sekolah itu sendiri. Sebenarnya apa kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri dan apa tujuan serta manfaat diadakannya kegiatan ekstrakurikuler tersebut?

Ekstrakurikuler atau lebih dikenal dengan ekskul adalah kegiatan yang dilakukan siswa atau mahasiswa di luar jam belajar standar/kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ada mulai tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga universitas. Asal kata ekstrakurikuler berasal dari dua kata yaitu
ekstra yang berarti lebih, dan kurikuler yang artinya sama dengan kurikulum yang artinya pembelajaran. dari dua kata tersebut juga dapat diartikan bahwa ekstrakurikuler adalah pembelajaran ekstra/lebih, lebih di sana dapat diartikan tambahan.

Lalu apa tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut? kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul diadakan/disediakan oleh pihak sekolah atau universitas untuk mengembangkan potensi, minat, kepribadian, dan bakat yang ada pada siswa/mahasiswa dan untuk menggali lebih jauh potensi, minat, kepribadian, dan bakat tersebut. Misalnya siswa yang memiliki minat dan bakat pada ekstrakurikuler sepak bola untuk mengembangkan bakatnya dan bertemu pemain lainnya. Atau misalkan yang memiliki potensi di bidang bahasa, bisa mengikuti ekstrakurikuler yang menunjang bahasa, misalnnya Bahasa Jepang, Bahasa Jerman dan lain-lain.

Memilih ekskul yang menunjang pembelajaran atau membantu pembelajaran sebenarnya lebih baik, karena dilihat dari beberapa aspek memang lebih banyak manfaatnya, diantaranya, membantu siswa dalam belajar yang merupakan kebutuhan utama siswa atau mahasiswa di sekolah atau universitas. Tetapi tidak ada salahnya juga jika memilih ekskul yang menyangkut olahraga, seni dan ekskul yang tidak menunjang ataupun tidak ada kaitannya dengan pembelajaran sama sekali, karena itu berguna untuk refreshing(menghilangkan stres karena belajar). Akan lebih baik lagi jika mengikuti ekstrakurikuler yang berguna untuk pembentukan diri, karena itu akan sangat berguna di masa depan dan di kehidupan sebenarnya.


mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat, diantaranya:
  • § Menyalurkan minat dan bakat kita pada kegiatan ekstrakurikuler
  • § Bisa mengembangkan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler
  • § Jika ekskul akademis, bisa mendapat pelajaran tambahan dari ekskul tersebut
  • § Dan tentunya masih banyak lagi



3 komentar:

  1. bagus jal, coment nu urang oge ya, jdi ada beberapa pemikiran baru haha .

    ainun

    BalasHapus
  2. hmmm...keren2...cuma mesti di perbanyak lagi....

    BalasHapus

Terima Kasih

Semoga bermanfaat...Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahannya....