Rabu, 22 September 2010

Manfaat Dari Kegiatan Ekstrakurikuler

Akhir-akhir ini mungkin bisa dibilang hampir setiap sekolah di kota-kota besar di indonesia mengadakan kegiatan ekstrakulrikuler, tidak hanya di kota-kota besar saja, di kota-kota kecil di Indonesia pun sudah diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.kegiatan ekstrakurikuler/ekskul bisa berupa kegiatan seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan akademik.Ekstrakurikuler biasanya diadakan oleh pihak sekolah itu sendiri. Sebenarnya apa kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri dan apa tujuan serta manfaat diadakannya kegiatan ekstrakurikuler tersebut?

Ekstrakurikuler atau lebih dikenal dengan ekskul adalah kegiatan yang dilakukan siswa atau mahasiswa di luar jam belajar standar/kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ada mulai tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga universitas. Asal kata ekstrakurikuler berasal dari dua kata yaitu ekstra yang berarti lebih, dan kurikuler yang artinya sama dengan kurikulum yang artinya pembelajaran. dari dua kata tersebut juga dapat diartikan bahwa ekstrakurikuler adalah pembelajaran ekstra/lebih, lebih di sana dapat diartikan tambahan.

Lalu apa tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut? kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul diadakan/disediakan oleh pihak sekolah atau universitas untuk mengembangkan potensi, minat, kepribadian, dan bakat yang ada pada siswa/mahasiswa dan untuk menggali lebih jauh potensi, minat, kepribadian, dan bakat tersebut. Misalnya siswa yang memiliki minat dan bakat pada ekstrakurikuler sepak bola untuk mengembangkan bakatnya dan bertemu pemain lainnya. Atau misalkan yang memiliki potensi di bidang bahasa, bisa mengikuti ekstrakurikuler yang menunjang bahasa, misalnnya Bahasa Jepang, Bahasa Jerman dan lain-lain.

mengikuti kegiatan ekstrakurikuler banyak manfaatnya, diantaranya:
  • § Menyalurkan minat dan bakat kita pada kegiatan ekstrakurikuler
  • § Bisa mengembangkan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler
  • § Jika ekskul akademis, bisa mendapat pelajaran tambahan dari ekskul tersebut
  • § Dan tentunya masih banyak lagi
yang amat disayangkan, banyak siswa/mahasiswa yang malah disibukkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan meninggalkan program kurikuler itu sendiri, oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengatur waktu dan mempertimbangkan matang-matang sebelum memilih kegiatan ekstrakurikuler.

2 komentar:

  1. Ganteng sekali karangannya... Tidak seperti orang yang memostingnya, wkwkwk

    BalasHapus
  2. gantengan yang mosting bay....

    BalasHapus

Terima Kasih

Semoga bermanfaat...Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahannya....