Selasa, 09 November 2010

Penyebab Melencengnya Remaja Sekarang

Menurut analisis saya, banyak remaja sekarang ini yang melenceng dari norma yang berlaku, bahkan tidak sedikit remaja yang berbuat onar di masyarakat. Mereka pun sudah seperti tidak punya malu membuat masalah. Dari mulai masalah kecil seperti merokok, dan masalah besar seperti tawuran apa penyebab dari perilaku tersebut?

Dapat dikatakan bahwa penyebab dari kelakuan remaja yang melenceng adalah faktor orang tua. karena orang tua yang mendidik atau protective tidak akan mungkin membiarkan anaknya berperilaku seperti di atas. orang tua yang dekat dengan anaknya pasti mendidik anaknya dengan baik. Berbeda dengan anak yang jauh dengan orang tuanya. sekalipun tidak berperilaku seperti yang saya sebutkan, tetapi peluang untuk melakukan hal-hal tersebut lebih besar ketimbang anak yang dekat dengan orang tua. jadi pesan buat orang tua, sesibuk apapun anda, luangkanlah waktu dengan anak anda, walaupun anda bekerja di luar kota, sehingga harus berangkat pagi dan pulang malam.

Penyebab lainnya adalah, dengan siapa si anak berteman, atau bisa dibilang pergaulan si anak. Jika dia bergaul dengan anak lain yang baik-baik, maka dia pun mudah-mudahan akan ikut baik. Tetapi jika dia bergaul dengan anak yang "rusak", maka dia pun akan seperti itu, kecuali jika dia memiliki keteguhan yang benar-benar kuat.

Penyebab yang satu ini bisa juga berpengaruh, yaitu lingkungan, jika sang anak tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan yang buruk, maka dia akan terbawa dengan lingkungan tersebut. tontonan juga bisa berpengaruh terhadap perilaku, karena bisa menimbulkan perilaku imitasi bagi sang penonton.





1 komentar:

  1. Hanya ingin mengingatkan, tulisan 'anda' tu hrsny 'Anda', A-nya huruf kapital.

    BalasHapus

Terima Kasih

Semoga bermanfaat...Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahannya....